Kamis, 18 Februari 2010

MPI Gelar Pelatihan Penglolaan Desa Wisata Pantai Lombang


Sumenep – Ruang Aspirasi Rakyat

Masyarakat Pariwisata Indonesia (MPI) Kabupaten Sumenep menggelar Pelatihan dan Soft Launching Desa Wisata Lombang. Acara bertema mengelola desa wisata berbasis masyarakat dilaksanakan di Desa Lombang, Kecamatan Batang-Batang, Kabupaten Sumenep. Adapun pelaksanaan pelatihan berlangsung dari 17-21 Februari 2010.

Realease ini disampaikan A. Faidlal Rahman Ali, SE.Par, MS, Ketua MPI Kabupaten Sumenep, Rabu (18/02). Kegiatan ini diharapkan memberikan manfaat dan nilai-nilai yang bisa dibagikan kepada peserta pelatihan. Dimana pesertanya adalah warga sekitar masyarakat Desa Lombang.

”Warga masyarakat Desa Lombang diharapkan paham akan esensi pariwisata secara holistik. Terutama yang berhubungan dengan nilai-nilai religi dan sosial budaya masyarakat. Agar bisa bermanfaat pengembangan dunia usaha pariwisata kedepan,” ujar Faidlal.

Menurutnya, pengenalan dan penggalian potensi-potensi di Desa Lombang akan berdampak positif kepada warga setempat. Masyarkat akan mengetahui dan memahami secara lebih luas tentang dunia pariwisata. Tentunya dengan bukti empiris dan ilmiah tentang potensi wisata di Desa Lombang.

”Peserta diharapkan mampu mengelola secara mandiri tentang potensi-potensi wisata di Desa Lombang. Dimana sebagai objek dan daya tarik wisata (ODTW) daerah di Kabupaten Sumenep. Sehingga mampu menarik pelaku usaha pariwisata untuk tertarik melakukan investasi dan pengembangan usaha,” jelas Faidlal yang menjadi staf pengajar Manajemen Pariwisata di Yogjakarta ini.

Adapun materi pelatihan yang akan diberikan diantaranya, rekonsutruksi pemahaman pariwisata dan eksplorasi potensi desa wisata. Selanjutnya materi, budaya dan alam sebagai daya tarik wisata, pariwisata dan dampaknya terhadap lingkungan, sosial budaya dan ekonomi lokal. Selain itu, pengenalan serta pengelolaan homestay, dan tehnik menjadi pemandu wisata (guide).

Pembicara dalam pelatihan ini, berasal dari pengurus MPI Kabupeten Sumenep dan Tim Viavia Travel Yogjakarta. Diantaranya, A. Faidlal Rahman Ali, Rita Sri Suwantari, Sri Mujiati, Arnovy Putty Febrianti, Marliana Novitasari dan Fransisca Maria.(*)

1 komentar: