Selasa, 16 Februari 2010

Aliansi Parpol Non Parlemen Sumenep Gelar Deklarasi


Sumenep – Ruang Aspirasi Rakyat

Akhirnya dengan melalui komunikasi inten, Aliansi Parpol Non Parlemen (APNP) Kabupaten Sumenep mendeklarasikan diri. Sebanyak 15 parpol bergabung dalam aliansi strategis sebagai wujud eksistensi organisasi. Hal ini disampaikan Husin Koordinator APNP saat Deklarasi Aliansi Parpol Non Parlemen di kantor BMS, Selasa (16/02)

”Deklarasi digelar menjelang Pemilihan Kepada Daerah (Pilkada) 2010 nantinya. Selain itu sebagai wujud konsilidasi dan penguatan jaringan organisasi,” ujar Ketua Partai Gerakan Indonesia Raya (Gerindra) ini.

Menurutnya, APNP ini memiliki kekuatan 15 parpol dan 60 ribu suara sah. Kekuatan dan potensi inilah yang diperkuat di masing-masing parpol. Apabila diarahkan kepada dukungan kandidat bakal calon Bupati dan Wakil Bupati. Terutama dalam memperkuat jaringan dan memperoleh pundi-pundi suara.

”Kekuatan kami tidak bisa diremehkan. Ini adalah kekutan paling strategis dengan memiliki simpul basis massa yang solid. Bayangkan saja jika semua Pimpinan Kecamatan/Anak Cabang parpol digerakkan. Tentu calon yang kita dukung akan mendekati kemenangan,” kata Husin dengan nada optimis.

Ketika ditanya siapakah kandidat yang akan diusung pada Pilkada 2010 nantinya. Husin menjawab, kami lebih kuat mengarah ke Bambang Mursalin sebagai cabup. Sedangkan untuk wakil bupati, akan dibahas setelah penetapan dukungan calon bupati.

”APNP sudah menyatakan mengarahkan dukungan Bambang Mursalin. Tinggal administrasi saja, tunggu saja-lah. Jika selesai akan dideklarasikan dukungan pasangan cabup dan cawabup,” tambahnya.

Sementara Amozi M. Hilmy Sekretaris APNP Sumenep mengatakan, suara sah pemilu legeslatif 2009 lalu adalah 560.141. Sedangkan 15 % (persen) dari suara sah adalah sejumlah 84.021 suara sah. Sementara kekuatan APNP sebanyak sekitar 60.300 suara sah. Tinggal menambahkan kekurangan dukungan dengan berkoalisi dengan parpol lainnya.

”Dipastikan rencananya kami akan melakukan koalisi dengan Partai Demokrat berkekuatan sejumlah 34585. Kekuatan ini lebih dari cukup dalam mengajukan pasangan cabup dan cawabup,” ujar Amrozi M. Hilmy Ketua Partai Karya Peduli Bangsa (PKPB) ini.

Ia juga mengatakan bahwa, arah dukungan akan diberikan Bambang Mursalin sebagai cabup. Selanjutnya koalisi APNP dan Partai Demokrat akan segera dideklarasikan. Namun masih menunggu hasil komunikasi dengan parpol lainnya. Baik Partai Golkar, PKNU, PBB, PKS, PDP dan bahkan PBR.

”Perlu dicatat bahwa APNP adalah partai pertama bersama Partai Demokrat yang mengusung Bambang Mursalin. Namun jika ditambah dukungan parpol lainnya akan semakin kuat dan mendekati kemenangan,” terang salah satu Presedium KAHMI Sumenep ini.

Selanjutnya Raud Faiq Jakfar Ketua Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI) menyatakan, dukungannya secara bulat kepada APNP. Tokoh senior parpol ini mengatakan, aliansi strategis ini merupakan wujud perjuangan non parlemen dalam Pilkada. Kekuatan APNP akan menjadi kunci kemenangan dalam meraih dukungan.

”Kami yakin jika didukung oleh banyak partai, gerakan lebih efektif dan tepat sasaran dalam melangkah. Kami juga siap memenangkan Bambang Mursalin sebagai cabup Sumenep dari arah dukungan yang kami berikan,” ujar mantan anggota DPRD Sumenep ini.

Saat deklarasi hadir sebanyak 15 ketua parpol mengukuhkan tanda tangan deklarasi aliansi. Diantaranya, P. Gerindra, PKPB, PDK, PKPI, PPRN, Partai Pelopor, Partai Buruh, dan Partai Barnas. Selanjutnya PSI, PMB, PPNUI, PPD, PPI, PPDI dan PDS.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar