Selasa, 26 Januari 2010

PDIP Sumenep Usung Pasangan Kyai dan Birokrat


26 Januari 2010

Sumenep; Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) berencana mengusung Abuya Busyro Karim-Soengkono Sidik sebagai pasangan bakal calon bupati (bacabup)-bakal calon wakil bupati (bacawabup) Sumenep pada Pemilu Kepala Daerah (Pilkada) mendatang.

Koordinator Wilayah Madura Dewan Pimpinan Daerah (DPD) PDIP Jawa Timur, MH. Said Abdullah, Selasa, menjelaskan, pihaknya melalui pengurus PDIP Sumenep telah melakukan komunikasi pada dua figur tersebut.

"Kami juga melakukan komunikasi politik dengan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumenep guna membicarakan kemungkinan berkoalisi, karena Kiai Busyro adalah salah seorang bacabup yang mendaftar pada PKB," katanya di Sumenep.

Secara kelembagaan, kata dia, PDIP Sumenep berharap ada kesepakatan dengan PKB untuk berkoalisi menghadapi pilkada.

"Di internal kami, sudah mantap untuk mengusung Kiai Busyro dan Pak Soengkono sebagai bacabup dan bacawabup. Kalau nantinya PKB Sumenep tidak akan mengusung Kiai Busyro sebagai bacabup, kami yang akan memberangkatkan beliau," katanya menegaskan.

Said juga mengemukakan, pihaknya tidak terlalu peduli dengan status Busyro dan Soengkono yang bukan kader PDIP.

"Ini salah satu bukti kedewasaan PDIP dalam berpolitik. Kami berencana mengusung Kiai Busyro dan Pak Soengkono, karena memang mampu dan layak menjadi pemimpin Sumenep periode mendatang. Kami tidak akan memaksakan kandidat yang akan diusung pada pilkada, harus berasal dari kader PDIP," katanya.

Said datang ke Sumenep sebagai utusan DPD PDIP Jawa Timur untuk memimpin sidang dalam Konferensi Cabang (Konfercab) III PDIP setempat.

Saat ini, Busyro menjabat sebagai Wakil Ketua Dewan Syuro Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PKB Sumenep dan termasuk salah seorang dari empat orang yang terdaftar sebagai bacabup PKB.

Sementara Soengkono adalah Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep.

Sesuai Surat Keputusan KPU Sumenep Nomor 1 Tahun 2009, hari "H" pilkada setempat ditetapkan pada tanggal 14 Juni 2010.(rd/*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar